Visit Sudirman Saputra at Ping.sg FAEDAH PERTANYAAN KUBUR | Gunting Batu Kertas Kendari
Loading...
Saturday, July 27, 2013

FAEDAH PERTANYAAN KUBUR

banyak faedah yang terkait dengan pertanyaan yang dilakukan didalam kubur. faedah berikut cuma sebagian kecil yang akan kami bagikan untuk sahabat blogger. berikut beberapa faedah pertanyaan kubur yang hanya sebagian kecil kami rangkumkan.

  1. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitab "Al-Zuhud" dari thawus berkata :"Sesungguhnya orang yang mati akan mendapat siksaan selama tujuh hari di dalam kubur mereka. karena itulah mereka merasa suka jika selama hari itu diberikan sedekah dengan memberikan makanan atas nama mereka."
  2. dalam kitab "Nawadir Al-ushul" Imam Hakim meriwayatkan dari sufyan Al-Tsauriy berkata :"ketika seorang mayit ditanya "Siapa Tuhanmu?" Syaithan menampakkan diri dengan memberikan isyarat kepada dirinya sembari mengucap "Akulah Tuhanmu" Al-Hakim Melanjutkan "Persepsi diatas dengan sebuah hadits yang meriwayatkan bahwa saat mengebumikan jenasah, Rasulullah saw bersabda "Andaikan Syaithan tidak berusaha mencari peluang kepada jenasah tentu rasulullah saw tidak berdoa seperti itu"
  3. Ibnu Syuhain dalam kitab "Al-Sunah" berkata : "Diceritakan kepada kami oleh Abdullah bin sulaiman, diceritakan kepada kami oleh Amr bin Usman, diceritakan kepada kami oleh Baqiyah, diceritakan kepadaku oleh sofyan, diceritakan kepadaku oleh rasyid, berkata "Rasulullah saw pernah bersabda : "Pelajarilah argumen kalian, karena kalian pasti ditanya hingga meskipun dia anggota keluarga dari sahabat Anshar, dimana kematian menghampiri seorang lelaki dari mereka, lalu mereka memberikan pesan kepadanya dan pemuda ketika mempunyai akal, maka mereka berkata kepadanya :"ketika para malaikat bertanya kepadamu tentang siapa Tuhanmu? maka jawablah :"Allah Tuhanku" dan ketika ditanya :"Apa Agamamu?" jawablah :"Islam Agamaku" dan ketika ditanya :"Siapa Nabimu?" jawablah "Muhammad Nabiku".
  4. Imam Qurthubiy berkata :"dalam sebuah riwayat disebutkan :"pertanyaan dari 2 malaikat. "Sebenarnya tidak ada kontradiksi, mengingat semua itu kembali kepada masing2 manusia. terkadang, seorang manusia didatangi 2 orang malaikat ketika beranjaknya manusia agar memberikan ketakutan lebih hebat sesuai dengan dosa yang pernah diperbuatnya. sementara orang lain didatangi 2 malaikat saat manusia belum beranjak pulang, demi meringankan beban mental dan ketakutan, mengingat rasa keterhiburannya dengan masih banyaknya manusia yang mengiringinya. dan manusia terakhir, dia hanya didatangi seorang malaikat, sehingga dia merasa mempunyai beban yang lebih ringan dan sedikit pertanyaan, mengingat amal saleh yang pernah dilakukannya. dia melanjutkan :"terdapat bahwa yang didatangi 2 malaikat namun, yang bertanya hanya 1 malaikat, sehingga riwayat yang mengatakan hanya 1 malaikat dapat diinterpretasikan dari persepsi ini". dalam mengulas kitab "Al-Shudur" Al-Suyuti berkata :" 2 malaikat itulah yang benar, mengingat riwayat 2 malaikat banyak disebut dalam hadits2".


demikianlah faedah pertanyaan kubur yang dapat kami berikan, sebenarnya masih banyak faedah lain tentang pertanyaan kubur. namun insya allah  dikesempatan lain kami akan berikan.

0 comments:

Post a Comment

 
TOP