Visit Sudirman Saputra at Ping.sg Tips Agar Puasa Lancar dan Tubuh Tetap Bugar | Gunting Batu Kertas Kendari
Loading...
Friday, July 26, 2013

Tips Agar Puasa Lancar dan Tubuh Tetap Bugar

BERUSAHA untuk sehat selama menjalankan ibadah puasa sangat penting bagi tubuh. Dengan demikian, kondisi dan stamina tubuh tetap sehat untuk sebulan berpuasa. 

Salah satu kunci agar tetap sehat selama puasa adalah makanan yang dikonsumsi saat berbuka. " Ada beberapa tips dasar agar puasa anda tetap lancar tanpa adanya gangguan," kata kepala Clinical Nutrition, Wafa Ayesh, seperti yang dilansor laman gulfnews baru-baru ini.

Pertama, mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dan mengandung serat. Selain itu, pastikan bahwa makanan itumengandung kelompok makanan utama seperti roti, sereal, susu dan produk susu, ikan, daging, unggas.

Kedua, harus bisa menghindari makanan panas, pedas, atau asin. Terlalu banyak makanan asin akan membuat tubuh anda menahan air, dan memberi anda perasaan kembung. Sementara makanan pedas akan menyebabkan rasa haus.

Makanan yang digoreng tidaklah sehat dan harus dibatasi. Makanan yang digoreng juga menyebabkan gangguan pencernaan dan mulas.

Sedangkan permen dan makanan manis akan berubah menjadi lemak, meningkatkan kadar kolesterol dan meningkatkan berat badan.

Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah soal minuman.  Anda harus minum air yang cukup antara berbuka dan tidur untuk menghindari dehidrasi.

Minuman dengan kandungan kafein yang tinggi seperti kopi, teh, cokelat dan soda harus dihindari. Paslanya, kafein melarutkan kalsium dari tubuh yang berarti akan membuat merasa tidak kenyang sepanjang waktu.

Hindari pula minum teh saat sahur, karena dapat meningkatkan ekskresi garam dalam urin yang diperlukan bagi tubuh anda selama puasa.

Keempat, jangan melewatkan sahur. Namun jangan pula makan berlebihan saat sahur. Berkonsentrasilah pada makanan yang kaya  karbohidrat, protein, buah-buahan atau sayuran, dan minum banyak air.

Kelima, tetap tenang dan beristirahat. Artinya anda perlu membatasi aktivitas fisik dan mencoba beristirahat dengan cukup.

Keenam, pilih olah raga ringan saat berpuasa. Lakukan olah raga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit di malam hari.

Ketujuh, jika anda memiliki masalah kesehatan secepatnya konsultasi dengan dokter.

0 comments:

Post a Comment

 
TOP